Sabtu, 17 Desember 2011

Hati hati !!!! Terhadap Scam 419 dan penipuan di Internet.

Selamat pagi saudara-saudara ku sekalian,postingan saya kali ini saya akan berbagi pengalaman saya. . .

( perasaan postingannya baru satu deeeh,kenapa ngomongnya kaya udah banyak postingaaaann. . .???
(_ _)'. .)

hehehe,sebenarnya saya udah ada beberapa postingan gan,cuman setelah saya pikir-pikir lagi kayanya kok kurang penting jadi saya hapus aja. . .

(Ok,kembali ke topik. . .!!!)

Kali ini saya akan membahas tentang penipuan yang akhir-akhir ini banyak bermunculan di internet dengan modus yang memanfaatkan kondisi atau mengkondisikan korbannya pada keadaan psikologis tertentu dan memanfaatkannya. . .

Scam atau penipuan dalam dunia maya sendiri awal mulanya diteliti berasal dari Nigeria. Scam ini menurut para kritikus awalnya diperkenalkan oleh perusahaan minyak Nigeria dan geng-geng kriminal antara tahun 70-80an.

Ada orang lain yang menganggap bahwa penipuan dunia maya ini adalah kombinasi dari berbagai penipuan di wilayah tanah Igbo, beberapa ratusan tahun.

Penipuan pertama melibatkan kontrak minyak menguntungkan dan penipuan terkait lainnya. Sampai sekitar tahun 2001, scammers terletak terutama di Lagos, Aba, Owerri, dan Port Harcourt, Nigeria. Para scammers baru-baru ini mendirikan basis mereka di banyak negara selain Nigeria, termasuk Togo, Pantai Gading, Belanda, Inggris, dan Kanada. Bukan tidak mungkin komunitas ini bisa makin meluas.

Penipuan transfer uang Nigeria adalah nama lain untuk Nigeria 419 scam atau penipuan. Mereka terkait dalam pikiran publik dengan Nigeria karena peningkatan kepercayaan seperti trik dari Nigeria sejak pertengahan tahun delapan puluhan, meskipun mereka sering kali dilakukan di negara-negara Afrika lainnya, dan semakin dari kota-kota Eropa dengan penduduk Nigeria yang besar, khususnya London dan Amsterdam.

Awalnya, si penipu atau scammer menghubungi kepala perusahaan dan pejabat gereja, namun penggunaan spam e-mail dan pesan instan untuk kontak awal telah menyebabkan banyak warga negara juga menjadi sasaran, karena biaya ke scammers untuk membuat kontak awal jauh rendah. Amerika Serikat Federal Trade Commission telah mengeluarkan Konsumen Alerthttp://www.ftc.gov/bcp/conline/pubs/alertsNigeria scam. Ini menyatakan: "Jika Anda menerima penawaran lewat email dari seseorang yang mengaku butuh bantuan Anda mendapatkan uang dari nigeria - atau negara lain, dalam hal ini - meneruskannya ke FTC di spam@uce.gov."


Penipuan ini sudah ada hampir di  seluruh negara besar di dunia,dan cara mereka mencari calon korbannya yaitu melalui situs-situs pertemanan,biro jodoh,chat,dll.Bahkan terkadang justru website itu milik para scammers (penipu) itu sendiri.

(lhooo gimana urusannya,kok bisa. . . .!??)

(hehehe)perlu saya beri informasi,bahwa mereka adalah ORGANISASI KEJAHATAN TINGKAT NASIONAL hinnga INTERNASIONAL yang TERORGANISIR.


nah,saya akan menjelaskan beberapa cara mereka dalam bekerja:

1.Pertama-tama,mereka akan meng-add anda atau menyatakan ketertarikannya pada anda secara langsung,biarpun ada beberapa yang tidak.Dan biasanya mereka akan membuat anda memulai percakapan di luar website tersebut alasannya adalah agar mereka lebih mudah mempengaruhi anda.(mempengaruhi keadaan psikologi orang itu lebih gampang 1vs1 ato face to face)

(nggak masuk akal kan,masa nggak pernah kenal,elum pernah ketemu langsung dan baru liat poto di profilnya langsung bilang suka dan sayang-sayangan)



2.Dia akan menceritakan bahwa kehidupannya sangat menyedihkan,di tipu orang atau mengalami kecelakaan saat bepergian ke luar negeri,orang tuanya meninggal yang mengakibatkan dia menjadi yatim piatu,dll.Dan hal itu akan dia sampaikan kepada anda melalui pesan di website tersebut atau mengirimi anda email,bahkan melalui YM.

(curhat ne yeee. .heheheh)

Dan mereka melakukan hal itu bukan tanpa alasan,mereka melakukan hal tersebut untuk mengeluarkan sisi lembut dari diri anda yaitu rasa simpati dan rasa tidak tega.(itulah mengapa disebut scam 419)




3.(Apa emangnya yang mereka inginkan???) Nha ini yang penting,mereka jelas-jelas menginginkan UANG ANDA,no rekening di bank,bahkan termasuk alamat,foto dan nomer telepon anda.

(apa hubungannya foto,alamat dan no telepon sama penipuan ini??!)

jelas ada gan. . .Menurut pengamatan saya di lapangan,kemungkinan besar mereka akan menggunakan alamat dan no telp bahkan foto anda sebagai keterangan di profil mereka atau mereka akan menjawab dengan menggunakan itu saat ada orang lain menanyakan hal itu pada mereka.

(nha looo. .!! ga kebayang kan kalo no telp dan alamat bahkan foto anda di pake orang lain buat nipu?)



4.Mereka biasanya memasang foto yang (aduhaaaiiii) hehehe,maksud saya penampilannya amat sangat menarik mata anda untuk memandanginya. . .(emang pemandangan. . .!?)
tapi ada juga yang tidak memasang foto mereka dengan foto orang (misal: Bunga,pemandangan,dll)
namun setelah itu mereka biasanya akan mengirimkan email beserta foto mereka.

(sebenarnya belum tentu juga itu foto dia,nggak tau deh nemu dimana dia. . .)

Karena biasanya mereka mengambil foto-foto baru yang nggak ada keterangan nama model fotonya.



5.Bentuk pendekatan mereka dalam mendekati anda adalah dengan cara-cara yang agak pribadi dan hampir sama dengan orang yang sewajarnya ingin menjalin hubungan percintaan yang serius atau jangka panjang.Kalo dia ngirim foto cewek kepada anda,belum tentu juga dia cewek,begitu juga cowok. . .

(Buat para jomblowers ati-ati ya terutama yang cowok tuh. .kkkkkk)



6.Setelah mereka yakin bahwa korbannya telah TERJEBAK,baru deh mereka mengeluarkan jurus-jurus andalannya. . .
(kaya naruto ajah. . .)

mereka akan mengaku sedang bepergian ke luar negeri (dengan alasan apa pun) lalu sampai disana mereka akan mengaku telah dirampok,di tipu,mengalami kecelakaan dll yang jelas mereka membutuhkan uang dari anda.
Lalu mereka akan meminta anda mengirim uang dalam jumlah tertentu.Biasanya mereka akan meminta anda mengirimnya berupa moneygram,transfer tunai (seperti menggunakan WU dan semacamnya)
biasanya alamat penerima yang mereka berikan kepada anda juga kurang jelas.


(kalo udah begitu ya ati-ati aja gan. . .)



7.biasanya sebagian besar dari mereka akan mengaku sedang berada dan mengalami masalah itu di negara NIGERIA,
(Kenapa mesti NIGERIA???)
karena negara itu adalah BASECAMP nya gan,biarpun agen-agen mereka sudah di sebar ke negara-negara seperti jepang,london(UK),dll.


8.Bahasa inggris yang mereka pakai siip banged gan,jadi agak susah untuk membedakan mereka sama user-user yang asli (yang bukan scammers)  kalo hanya dari bahasa yang mereka gunakan.

(mereka nggak kaya kita yang masih belepotan apalagi terkadang masih pake google trans. . .hkhkhk)



9.Mereka akan bisa di ketahui dari email yang mereka gunakan dengan cara  melihat IP email yang mereka gunakan untuk mengirim pesan kepada anda dan rata-rata biarpun mereka pakai alamat email yang berbeda tapi biasanya IP nya sama.



10.Kalo mereka bilang bahwa mereka sudah mencoba menghubungi kedubes mereka yang ada di negara itu dan mereka bilang bahwa pihak kedubes mereka tidak mau membantu,jangan percaya.(kenapa???)
pasti kedubes mereka akan membantu,entah dengan cara membantu menghubungi pihak keluarga,teman atau saudara mereka yang ada di negara asal mereka atau pun menghubungi bank yang mereka pakai jasanya untuk menaikkan batas kartu kredit mereka untuk sementara atau juga meminta pihak bank agar bisa memberikan peminjaman uang darurat pada mereka.jika memang terpaksa pun mungkin dubes akan meminjaminya uang (biarpun beberapa kedubes negara-negara besar mengatakan bahwa "kita ini bukan bank")


NB:-Para scammers tidak terbatas pada orang kulit hitam/orang-orang aprika saja gan,ada yang kulit putih dll

       -Scammers ini adalah psikolog yang baik jadi mereka bisa tahu bagaimana caranya agar dapat   mempengaruhi anda 


(apalagi scammer cewek,beuuuuuhh  gampang banget tuh mbuat cowok kehilangan akal sehat mereka)
   



Saya rasa itu sudah cukup untuk membedakan mana yang scam ato bukan.
saran saya jangan gampang percaya dah kalo ada email dari orang (terutama luar negeri)ato semacemnya yang meminta anda untuk membantunya dengan cara mengirimkan uang karena "temangsang"/terjebak di luar negaranya dan tidak bisa pulang. . .hkhkhk

gampangnya yang bisa jadi indikatornya gini aja,masukkan nama atau pun email orang (asing) yang minta bantuan anda pada google search.kalo buanyak buanget hasilnya,berarti itu bisa di ambil kesimpulan bahwa 99% itu scam. . .
 
jadi,lebih ati-ati aja gan,niatnya nolong malah kecolong uangnya. . .hkhkhk



sumber tulisan:

1.Pengalaman.
2.Informasi terbatas yang bisa saya dapatkan dari negara yang jadi basecamp-nya para scammer
3.Informasi dari beberapa kedubes negara-negara besar di seluruh dunia
4.Satu website tetangga,lupa namanya
5.Survey lapangan

1 komentar:

  1. ini gan link identitas penipu yang saya buat tentang penipu itu,semoga bermanfaat

    http://sandinaora.blogspot.com/

    BalasHapus