Senin, 19 Desember 2011

Informasi pelaporan terhadap kejahatan internet

Pagi semua. . .!!!


Sekarang saya akan berbagi informasi tentang bagaimana ato kemana anda bisa melaporkan jika anda tertipu oleh penipuan dengan modus seperti postingan saya sebelumnya atau anda menjadi pihak ketiga sebagai pelapor (maksud saya anda membantu teman,saudara ato keluarga anda untuk melaporkannya)

"lha trus kemana saya bisa lapor?inikan jaringan internasional?apa mungkin pihak kepolisian negara kita dapat membantunya?"


Kemungkinan itu bisa saja,tapi mungkin membutuhkan waktu yang sangat panjang dikarenakan harus menghubungi dan menjalin kerjasama dengan kepolisian internasional seperti FBI dan semacamnya.

Ada informasi yang saya dapatkan dari kedubes amerika yang ada di london,tentang kemana anda dapat melaporkannya.Dan mereka menerima laporan dari seluruh penjuru dunia (jadi bukan hanya di khususkan untuk orang dari negara-negara tertentu saja).anda bisa sedikit lega sekarang.


Tenang aja,hal ini saya dapatkan setelah menghubungi pihak kedubes U.S yang ada di London,

(hal itu pun saya dapatkan setelah saya mencoba untuk meminta bantuan mereka untuk mengecek keberadaan "Mrs.X" yang mengaku warga US dan juga menghubungi saya dari Nigeria,yang mengaku butuh bantuan saya untuk mengirimkan sejumlah uang.Saya menghubungi pihak kedubes US di london karena saya tidak tau alamat email kedubes US yang ada di Nigeria)

setelah saya menunggu akhirnya mereka membalasnya,dan mereka bilang:

"Anda saat ini sedang menjadi target penipuan internet SCAM jadi putuskanlah hubungan dengan mereka sekarang juga dan jika anda ingin melaporkan dan mencari informasi tentang penipuan semacam ini hubungi,(ntar saya tulis di bawah)"


Nih yang bisa anda hubungi,

1.THE INTERNET CRIME COMPLAINT CENTER (IC3) yang menjalin kemitraan dengan THE FEDERAL BUREAU OF INVESTIGATION (FBI),dan biro bantuan hukum THE BUREAU OF JUSTICE ASSISTANCE (BIA) anda dapat menghubunginya melalui www.ic3.gov

2.Silahkan menghubungi kepolisian metropolitan di negara anda sedang berada saat ini 

(maksudnya kalo lagi di luar negeri,dan saya kan menghubungi kedubes US yang di london,jadi saya di kasihnya yang ada di london dan saya kira nggak kepake juga kalo saya tulis di sini)




3.Jika anda sudah terlanjur mengirim uang kepada scammers via (contohnya WU aja ya) anda dapat melaporkan penipuan online kepada pihak (WU) dengan menghubungi:




http://www.westernunion.com/WUCOMWEB/staticMid.do?method=load&pagename=fraudIndex&pid=fraud0709



4.Jika anda ingin berkonsultasi mengenai lembar info tentang penipuan scam internet anda dapat menghubungi

(ini website kedubes US yang ada di London lho,jadi jangan bingung kalo bhsanya inggris semua)

http://london.usembassy.gov/cons_new/acs/scs/internet_scams.html.













Itu sedikit yang bisa saya bagikan kepada para pembaca pada pagi hari ini.
Jadi,jika anda mendapatkan email dari seseorang yang tidak anda kenal dari luar negeri 
(tentunya anda belum pernah bertemu dengan orang itu secara langsung dan kenalnya dari internet) 

dan meminta bantuan anda untuk mengirim sejumlah uang,
lebih baik anda hubungi dahulu pihak kedubes negara (orang itu) 

misal,jika dia mengaku warga negara "A" dan dia sedang ada di negara "jeruk",berarti anda harus menanyakannya terlebih dahulu ke kedubes "A" yang ada di negara "jeruk"  untuk memastikan kebenaran hal tsb.

(Dan kalau anda tidak tahu alamat emailnya kedubes negara "A" yang ada di negara "jeruk" anda bisa menghub kedubes negara "A" yang ada dimanapun,pasti email anda nanti di bales.menurut pengalaman saya sih begono. . .)

dan menanyakannya terlebih dahulu kepada kedubes mereka tentang kebenaran hal tersebut dan pasti saya kira anda tetap di bantu biarpun anda bukan warga negaranya,

"kenapa mau,lagipula kita bukan warga negara mereka ngapain mereka mau repot-repot ngurusin kita?"

ya jelas aja mau lah,gini logikanya karena hal itu menyangkut kredibilitas nama baik negara mereka.Siapa juga orang yang mau namanya di pake orang lain buat nipu,iya kan?biarpun bales emailnya kadang-kadang juga butuh waktu beberapa hari sieh,karena mereka kan ga cuma ngurusin satu ato dua orang aja.jadi wajar aja menurut saya. . .begono gan. . .


yang jelas ati2 aja kalo diminta buat transfer uang sama orang yang ga di kenal dari luar negeri.

Karena rata-rata mintanya transfer via WU.

Inget,apalagi kalo via WU kadang2 sulit buat ngurusnya kalo ternyata ada masalah apalagi minta duitnya di kembaliin,beeeuuuuhhhh



(kata temen2 dan beberapa orang sie termasuk pegawai kantor pos yang dulu sempet ngobrol sama saya mengenai hal ini,katanya rata2 duitnya ga bisa di ambil lagi,kalo pun bisa ribet banget ngurusnya)



nha,sekarang pada milih yang mana itu seterah anda dah,heheheh





Sumber tulisan:



1.Pengalaman

2.Info dari kedubes US di London

3.Share pengalaman sama temen2 di dalam maupun luar negeri

4.Buaaaanyak banget deh,g mungkin saya cerita satu per satu





Tidak ada komentar:

Posting Komentar